Tulisan 4
Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian
adalah menentukan apa yang perlu dilakukan, bagaimana cara melakukan, dan siapa yang harus melakukan.Pengaturan
yang disengaja terhadap sejumlah orang untuk mencapai tujuan tertentu.
Williams Chuck, Deciding where decision will be made, who
will do that jobs and task, and who will work for whom. (memutuskan dimana keputusan akan
dibuat, siapa yang akan melakukan
pekerjaan dan tugas itu, dan
siapa yang akan bekerja
serta untuk siapa mpekerjaan itu dilakukan)perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada
sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk
menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
Pengorganisasian merupakan sebuah
aktivitas penataan sumber daya manusia yang tepat dan bermanfaat bagi
manajemen, dan menghasilkan penataan dari karyawan. Hal pokok yang perlu
diperhatikan dari pengorganisasian :
1. Menentukan arah dan sasaran satuan
organisasi,
2. Menganalisa beban kerja masing –
masing satuan organisasi.Membuat job description ( uraian pekerjaan)
3. Menentukan seseorang atau karyawan
yang berdasarkan atas pertimbangan arah dan sasaran,bebankerja, dan urian kerja
dari masing – masing satuan organisasi.
Sumber :
Robbins, P. Stephen & Coulter Marry. 2007. Manajemen. Edisi 8. Jakarta:
Indeks
Neubert,
Dyck, (2009, 2007), Principles Of Management, South-Western
Tidak ada komentar:
Posting Komentar