Sabtu, 13 Oktober 2012

Internet Addiction


Hmmmm, Addiction ? yeah, Internet Addiction merupakan orang yang memiliki jiwa kecanduan dalam mengunakan internet. Mungkin sekarang sudah banyak yang kecanduan pada internet, Contoh Kasus nyata yang disebabkan Oleh Kecanduan Internet
Banyak kasus yang dapat kita lihat ketika seseorang sudah terjangkit kecanduan internet, memang kalau seseorang sudah masuk dunia ini banyak sekali godaan yang muncul dari mulai informasi yang baik hingga yang tidak baik, banyak orang tua yang mengeluhkan karena anaknya keranjingan game online, tidak hanya khawatir akan kebiasaan anaknya melainkan takut anaknya mengetahui apa yang sebelumnya harus ia ketahui seperti situs-situs yang seharusnya tidak ia buka.
Seorang ahli jiwa bernama Ivan Goldberg mengemukakan beberapa ciri-ciri seseorang Kecanduan Internet. Ciri-cirinya meliputi:
·         Sering lupa waktu atau mengabaikan hal-hal yang mendasar saat mengakses internet terlalu lama.
·         Gejala menarik diri seperti merasa marah, tegang, atau depresi ketika internet tidak bisa diakses.
·         Munculnya sebuah kebutuhan konstan untuk meningkatkan waktu yang dihabiskan.
·         Kebutuhan akan peralatan komputer yang lebih baik dan aplikasi yang lebih banyak untuk dimiliki memiliki derajat kepuasan yang sama.
·         Sering berkomentar, berbohong, rendahnya prestasi, menutup diri secara sosial, dan kelelahan. Ini merupakan dampak negatif dari penggunaan Internet yang berkepanjangan.
Kecanduan Internet Dapat Menyebabkan Otak Menyusut

Sebuah penelitian menyebutkan mereka yang terlalu lama di depan komputer untuk sekedar berinternet ria ternyata menyebabkan otak menyusut. Ini biasanya di domilinisasi oleh para anak-anak. Penasaran mengapa Internet bisa menyebabkan       otak   menyusut     ?

Menurut data dari China Youth Internet Association, penderita penyakit Internet Addiction Disorder (IAD) di China jumlahnya mencapai 14% atau sekitar 24 juta orang. Sebagian besar adalah remaja perkotaan.
Menurut seorang peneliti yaitu Kai Yuan dan Wei Qin dari Universitas Xidian, China, menyebutkan bahwa terlalu sering online dapat menyebabkan otak menyusut. Biasanya ini didomlisasi oleh anak-anak. Ini seklaigus peringatan untuk para orang tua selayaknya menjaga buah hatinya dari penyusutan otak. Jika seorang anak tidak dapat dikontrol ini berarti sudah ketahap 'kecanduan internet' laranglah anak-anak kita minimal internet-an tiga kali seminggu. Lalu ingatkanlah bahwa internet itu bukan saja hal yang wajib untuk dilakukan, tetapi masih banyak hal lainnya untuk dilakukan. Ajak anak anda untuk berkegiatan eskul atau les privasi ajak dia untuk menyibukan dirinya agar tak selalu di depan komputer.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar