Minggu, 30 September 2012

Netiquette


Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Ketentuan atau tatacara tertulis dalam sistem jaringan yang dipakai untuk melakukan komunikasi, biasanya di dalam news group ì USENET, juga dalam e-mail.
Sebenarnya Nettiquette ini adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Netiquette, kependekan dari Internet etiquette (etika di Internet) adalah kode perilaku yang dapat diterima yang harus diikuti oleh para pengguna Internet yaitu perilaku yang diharapkan dari semua pengguna online. Sama seperti di dunia nyata, etika di dunia maya pun tidak jauh berbeda. Intinya adalah perlakukan orang lain sama seperti Anda ingin diperlakukan oleh mereka.
Etika, agak berbeda dengan aturan tertulis lainnya, terlebih dengan hukum. Anda mungkin tidak mendapatkan hukuman atau denda langsung. Akan tetapi, berperilaku sesuai dengan etika yang ada akan membuat penilaian orang lain terhadap Anda akan baik dan positif. Kita akan disukai. Demikian juga sebaliknya, jika Anda berperilaku ‘seenaknya’, orang-orang tidak akan senang dengan Anda. Anda cenderung akan dijauhi. Yang paling parah, mungkin saja orang akan tersinggung sehingga Anda akan dilaporkan.
Beberapa hal yang dianggap melanggar etika berinternet seperti:
  •  Menggunakan informasi yang didapat dari internet secara sembarangan, contohnya copy-paste atau plagiat.
  •  Mengambil keuntungan secara tidak sah yang merugikan orang lain, seperti mencuri kartu kredit.
  •  Mengganggu privasi, seperti menghack akun media sosial orang lain (facebook, twitter, dll).
  •   Menggunakan bahasa yang bersifat menghina, menghujat, menjelek-jelekkan pihak lain.
  •   Menulis postingan dengan huruf yang aneh-aneh sehingga sulit untuk dibaca.
 Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar