Minggu, 30 September 2012

Layanan Online


Sejak awal pada akhir 1980-an di Eropa dan dikenal secara formal pada tahun 1993 oleh Pemerintah AS istilah E-Goverment kini telah menjadi salah satu riset domain yang diakui terutama dalam konteks kebijakan publik dan sekarang telah memperoleh kepentingan strategis dalam modernisasi sektor publik. Layanan eletronik merupakan salah satu cabang dari domain dan perhatiannya juga telah merayap di antara para praktisi dan peneliti.
 Layanan elektronik (atau e-Service) adalah istilah yang sangat generik, biasanya mengacu pada "Penyediaan layanan melalui Internet (awalan berdiri 'e elektronik', seperti dalam penggunaan lain), sehingga layanan elektronik bisa juga termasuk perdagangan internet, mungkin juga termasuk layanan non-komersial (online), yang biasanya disediakan oleh pemerintah. (Alexei Pavlichev & G. David Garson, 2004: 169-170; Muhammad Rais & Nazariah, 2003: 59, 70-71)”.
Layanan elektronik merupakan layanan online yang tersedia di internet, dimana transaksi yang valid untuk membeli dan menjual adalah mungkin, sebagai lawan dari website tradisional, dimana hanya informasi deskriptif yang tersedia, dan tidak ada transaksi online adalah dimungkinkan.' (Jeong, 2007).
Bisa dikatakan layanan online adalah Layanan untuk menghubungkan komputer kita atau gadget lain seperti handset dan HP ke jaringan internet Global.
Manfaat layanan elektronik
Lu (2001) mengidentifikasi sejumlah manfaat untuk layanan elektronik, beberapa di antaranya:
·         Mengakses basis pelanggan yang lebih besar
·         Memperluas jangkauan pasar
·         Menurunkan penghalang masuk ke pasar  baru dan biaya mendapatkan pelanggan baru
·         Alternatif  saluran komunikasi  ke pelanggan
·         Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan
·         Meningkatkan citra perusahaan
·         Mendapatkan keunggulan kompetitif
·         Potensi peningkatan pengetahuan pelanggan
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar